Searching

Belum menemukan yang Anda cari, mungkin kata kunci Anda kurang tepat atau masih salah. Coba masukkan lagi kata kunci Anda yang baru pada fasilitas searching di Blog ini untuk lebih lengkap, search in database this blog :

Perhatian

Untuk tampilan gambar yang lebih jelas, Anda dapat klik langsung pada gambar yang ada. Selamat menjelajah !
More Read :

Thursday, March 29, 2007

Format Program Bahasa Assembly

Program bahasa assembly berisikan :

1. Instruksi – instruksi mesin

2. Pengarah – pengarah assembler

3. Kontrol – kontrol assembler

4. Komentar – komentar

Instruksi – instruksi mesin merupakan mnemonik yang menyatakan suatu instruksi yang bisa dijalankan (misalnya MOV). Pengarah assembler merupakan instruksi keprogram assembler yang mendefinisikan struktur program, simbol – simbol, (menentukan) mode – mode assembler dan aliran assembler langsung (missal STITLE). Komentar perlu dituliskan agar program mudah dibaca, tidak harus perintruksi bisa juga sekumpulan instruksi yang mengerjakan suatu operasi.

Baris – baris program yang mengandung instuksi mesin atau pengarah assembler harus mengikuti aturan program assembler ASM51. masing – masing baris batas beberapa field yang dipisahkan dengan spasi atau tabulasi.

1. Label

Sebuah label mewakili alamat dari suatu nstruksi (data) yang mengikat. Label ini digunakan sebagai operan pada instruksi – instruksi percabangan. (Misal : SJMP TERUS)

2. Mnemonik

Mnemonik instruksi atau pengarah assembler dimasukan dalam “mnemonik field” yang mengikuti “label mnemonik”. Mnemonik instruksi misalnya : ADD, MOV, INC, dan lain – lain.

3. Operan

Operan ditulis setelah mnemonik, bisa berupa alamat atau data yang digunakan instruksi yang bersangkutan. Bisa juga berupa label yang mewakili alamat data atau berupa simbol yang mewakili data konstan.

4. Komentar

Komentar harus diwakili dengan titik koma (;). Sebuah garis akan dianggap sebagai komentar jika diawali dengan titik koma.

5. Simbol – simbol assembler khusus

Simbol – simbol assambler khusus digunakan untuk mode – mode pengalamatan melalui register. Simbol – simbol ini mencakup A, R0 s/d R7, DPTR, C, PC dan AB. Juga tanda dolar yang dapat digunakan untuk menunjuk nilai pecahan program saat itu.

6. Pengalamatan tak langsung

Beberapa instruksi menggunakan operan berupa register yang menyimpan alamat data yang disimpan. Dalam hal ini digunakan tanda “at” yang dapat digunakan bersama dengan R0, R1, DPTR atau PC tergantung dari instruksi yang digunakan.

7. Data langsung

Data – data langsung yang diawali tanda poud dan menyatu dengan instruksi yang bersangkutan.

8. Alamat data

Banyak instruksi – instruksi yang mengakses lokasi – lokasi memori menggunakan pengalamatan langsung dan membutuhkan alamat memori dan internal (00h hingga 7Fh) atau alamat SFR (80h hingga FFh) pada operan.

9. Alamat Bit

Salah satu kelebihan dari mikrokontroller 51 adalah kemampuannya bisa mengakses alamat – alamat perbit tanpa menggunakan cara khusus. Instruksi yang melibatkan lokasi yang teralamati bit harus menyediakan alamat bit dalam memori data internal (00h hingga 7Fh) atau alamat bit di ruang SFR (80h hingga FFh).

10. Alamat Kode

Suatu Alamat kode digunakan dalam operan instruksi lompatan, termasuk lompatan relatif (SJMP dan lompatan bersyarat), lompatan dan call far (LJMP, LCALL).

11. Jump dan Call Jump

ASM51 membolehkan kita untuk menggunakan mnemonik JMP atau CALL yang umum; mnemonik JMP digunakan sebagai wakil dari SJMP, AJMP atau LJMP, sedangkan mnemonik CALL mewakili ACALL atau LCALL.

No comments:

Disclaimer


Blog ini tidak bertanggung jawab atas kesalahan atas program yang Anda download ataupun sesuatu hal yang berhubungan dengan materi-materi yang ada. Terima kasih atas saran dan kritik yang membangun. Non profit blog. Untuk lebih lanjut hub Webmaster di : agencs@yahoo.com


"All Links In This Blog Is Temporary Link"

NO SPAM AND VIOLATED CONTENT

Generated®


Banner IP Browser

Lihat gambar di bawah ini, ingin punya yang seperti ini juga. Anda bisa pasang banner ini di blog Anda atau posting Anda. Bisa deteksi IP Adress, Browser.

Tulis code ini di footer blog kamu atau posting kamu. Copy (CTRL+C) Paste (CTRL+V) at this script.
Coba Deh, Kuueereeen lho ....
 


Creative Commons License
Powered by Blogger | Created and Maintained by Generated
Blogger Beta Template by GeckoandFly and Blogcrowds | Design by Andreas Viklund
This workis licensed under a Creative Commons Attribution-Noncommercial-Share Alike 2.5 Malaysia License.
Best viewed in Firefox 1.5+ at 1024x768 or higher resolution
Copyright 2007 Content by BIZON network
Hosting Reseller Reviews cydots.com - Free Domains!