Searching

Belum menemukan yang Anda cari, mungkin kata kunci Anda kurang tepat atau masih salah. Coba masukkan lagi kata kunci Anda yang baru pada fasilitas searching di Blog ini untuk lebih lengkap, search in database this blog :

Perhatian

Untuk tampilan gambar yang lebih jelas, Anda dapat klik langsung pada gambar yang ada. Selamat menjelajah !
More Read :

Saturday, June 2, 2007

Radio Control untuk mobil mainan

Bermain mobil-mobilan yang dikendalikan lewat sinyal radio merupakan permainan yang menarik. Mobil mainan yang banyak digemari anak-anak, dengan ditambah rangkaian sederhana ini akan menjadi mobil mainan idaman. Rangkaian ini mengggunakan IC digital keluarga CMOS yang memerlukan arus listrik sangat kecil, sehingga tidak akan membebani kinerja mobil mainan asli.

Dalam sistem ini, sinyal radio tidak terus menerus dipancarkan tapi hanya dibangkitkan saat pengontrol mengirimkan perintah kanan/kiri atau maju/mundur, itupun hanya merupakan frekuensi radio yang terputus-putus, sehingga merupakan pengiriman pulsa-pulsa frekuensi gelombang radio.

Jumlah pulsa yang dikirimkan mewakili perintah yang dikirim, perintah MAJU diwakili dengan 8 pulsa, KIRI diwakili dengan 16 pulsa, KANAN 32 pulsa dan MUNDUR 64 pulsa. Perintah yang dikirimk bisa merupakan gabungan dari 2 perintah sekali gus, yaitu gabungan dari perintah maju/mundur dan kanan/kiri, sebagai contoh bisa dikirimkan perintah maju dan kiri sekali gus, dalam hal ini jumlah pulsa yang dikirim adalah 24, yaitu penjumlahan dari perintah maju sebanyak 8 pulsa dan perintah kiri sebanyak 16 pulsa.

Setelah sebuah perintah dikirim, sistem menghentikan pengiriman perintah dalam jeda waktu tertentu, jeda waktu ini diperlukan akan rangkaian penerima mempunyai waktu yang cukup untuk melaksakan perintah dengan baik. Pulsa-pulsa frekuensi itu terlihat dibagian kanan atas Gambar 1.


Gambar 1
Rangkaian Pemancar Radio Control

Cara kerja Pemancar

Sinyal radio dibangkitkan dengan rangkaian osilator yang dibentuk dengan transistor Q1 9016, frekuensi kerja dari osilator ini ditentukan oleh kristal Y1 yang bernilai 27,145 MHz. Bagian yang sangat kritis dari rangkaian osilator ini adalah T1, L1 dan L2, yang khusus dibahas tersendiri dibagian akhir artikel ini.

Kerja dari osilator ini dikendalikan oleh gerbang NOR U2D 14001, saat output gerbang (kaki nomor 3) ini bernilai ‘1’, osilator akan bekerja dan mengirimkan frekuensi radio 27,145 MHz, dan pada saat output U2D bernilai ‘0’ osilator akan berhenti bekerja.

Gerbang NOR U2D menerima sinyal clock dari gerbang NOR U2B. Gerbang NOR jenis CMOS dengan bantuan resistor R4 dan R5 serta kapasitor C8 membentuk sebuah rangkaian oscilator frekuensi rendah pembentuk clock untuk mengendalikan rangkaian digital yang ada. Kerja dari pembangkit clock ini dikendalikan lewat input kaki 6, rangkaian akan membangkitkan clock kalau input ini berlevel ‘0’.

Gerbang NOR U2A dan U2C membentuk sebuah rangkaian Latch (RS Flip Flop), karena pengaruh resistor R2 dan kapasitor C11 yang diumpankan ke kaki nomor 9 di U2C, pada saat rangkaian mendapat catu daya output U2C pasti menjadi ‘1’ dan output U2A (kaki nomor 3) menjadi ‘0’. Keadaan ini akang mengakibatkan pembangkit clock U2b bekerja membangkitkan clock dan melepas keadaan reset IC pencacah 14024 (U1), sehingga U1 mulai mencacah dan rangkaian osilator 27,145 MHZ mengirimkan pulsa-pulsa frekuensi selama pembangkit clock bekerja.

Pada saat mulai mencacah, semua output IC pencacah 14024 dalam kedaan ‘0’, setelah mencacah 8 pulsa maka output Q4 (kaki nomor 6) akan menjadi ‘1’, setelah mencacah 16 pulsa output Q5 (kaki nomor 5) menjadi ‘1’, setelah mencacah 32 pulsa output Q6 (kaki nomor 4) menjadi ‘1’, setelah mencacah 64 pulsa output Q7 (kaki nomor 3) menjadi ‘1’.

Output-output diatas dipakai untuk mengendalikan tegangan kaki 9 U2C lewat diode D1 dan D2, selama salah satu output itu masih bernilai ‘0’ maka pembangkit clock U2B masih bekerja, hal ini akan berlangsung terus sampai katode D1 dankatode D2 menjadi ‘1’ sehingga kaki 9 U2C menjadi ‘1’ pula. Keadaan ini akan mengakibatkan output kaki 3 U2A menjadi ‘1’, yang menghentikan pembangkit clock U2B dan me-reset pencacah 14024 danberhenti sudah pengiriman pulsa frekuensi 27.145 MHz.

Untuk membangkitkan jeda waktu agar rangkaian penerima mempunyai cukup waktu melaksanakan perintah, dipakai rangkaian Q2 9014, resistor R7 dan kapasitor C10. Besarnya waktu jeda ditentukan oleh besarnya nilai R7 dan C10. Saklar untuk mengirim perintah maju/mundur dan untuk mengirim perintah kiri/kanan merupakan dua saklar yang terpisah. Masing-masing saklar mempunyai 3 posisi, posisi tengah berarti skalar itu tidak mengirim perintah.

Cara kerja Penerima

Gambar 2 merupakan gambar rangkaian penerima yang dipasangkan dimobil-mobilan, berfungsi menerima sinyal dari pemancar untuk mengendalikan motor mobil-mobilan , agar mobil-mobilan bisa bergerak maju/mundur dan kiri/kanan. Transistor Q1 dengan bantuan resistor; kapasitor dan T1 membentuk sebagai rangkaian penerima sinyal radio 27,145 MHz. T1 dalam rangkaian ini persis sama dengan T1 yang dipakai di rangkaian Pemancar, cara pembuatannya dibahas dibawah.

Transistor Q2 berikut perlangkapannya membentuk rangkaian untuk merubah pulsa-pulsa frekuensi radio yang diterima dari pemancar menjadi pulsa-pulsa kotak yang bisa diterima sebagai sinyal digital oleh IC CMOS. Sinyal digital tadi akan diterima sebagai clock yang akan dicacah oleh IC pencacah 14024 (U2). Output 14024 akan sesuai dengan jumlah pulsa yang dikirim pemancar, perintah maju dan kiri (yang dipakai sebagai contoh dalam pembahasan bagian pemancar) merupakan pulsa sejumlah 24, hasil pencacahan pulsa ini mengakibatkan output 14024 menjadi Q4=’1’, Q5=’1’, Q6=’0’ dan Q7=’0’.

Sinyal digital yang diterima selain dipakai sebagai clock pencacah U2 IC 14024 yang dibicarakan di atas, dipakai pula untuk menggerakan 3 buah rangkaian penunda waktu untuk membangkitkan pulsa-pulsa yang berfungsi mengatur kerja rangkaian.

Pulsa pengatur pertama akan muncul setelah kiriman pulsa frekuensi terhenti karena jeda waktu antara pengiriman kode, pulsa ini berfungsi untuk merekam hasil cacahan 14024 ke U3 14042 (D Flip Flop), sehingga kondisi akhir 14024 tetap dipertahankan untuk mengendalikan motor. Setelah hasil 14042 direkam ke 14024, pencacah 14042 direset oleh pulsa kedua, agar setelah lewat jeda waktu pencacah 14042 bisa mencacah mulai dari 0 kembali.

Rangkaian yang dibentuk dengan transistor Q3, Q4, Q7, Q8, Q9 dan Q10 dinamakan sebagai rangkaian H Bridge, rangkaian ini sangat handal untuk menggerakan motor DC. Dengan rangkaian ini motor DC bisa diputar ke-kanan, ke-kiri atau berhenti gerak. Syarat utama pemakaian rangkaian ini adalah tegangan basis Q7 dan tegangan basis Q10 harus berlawanan, misalnya basis Q7=’1’ dan basis Q10=’0’ motor berputar ke kiri, basis Q7=’0’ dan basis Q10=’1’ motor akan berputar ke kanan, basis Q7=’0’ dan basis Q10=’0’ motor berhenti gerak, tapi tidak boleh terjadi basis Q7=’1’ dan basis Q10=’1’.

Demikian pula Q5, Q6, Q11, Q12, Q13 dan Q14 membentuk sebuah H Bridge. H Bridge bagian kiri pada Gambar 2 dipakai untuk mengendalikan motor yang mengatur gerak mobil-mobilan kekiri/kanan, sedangkan H Bridge bagian kanan dipakai untuk mengendalikan motor yang mengatur gerak maju/mundur mobil-mobilan.

Hubungan antara outpur pencacah 14042 dan input D Flip Flop 14024 sudah disusun sedemikian rupa sehingga sinyal yang diumpankan ke masing-masing H Bridge tidak mungkin semuanya ‘1’ secara bersamaan.


Gambar 2
Rangkaian Penerima Radio Control

Pembuatan trafo TX dan RX

Trafo T1 pada rangkaian Pemancar dan Penerima, merupakan barang yang sama, dan harus dibuat sendiri. Trafo ini dibangun dengan menggunakan koker trafo plastik (spare part radio) yang punya step sehingga tampak 5 jalur yang bisa diisi dengan gulungan kawat, seperti terlihat dalam foto. Memakai koker ini memudahkan penggulungan kawat trafo. Kalau tidak bisa dapat koker sejenis itu, pakai saja yang biasa. Koker trafo ini kecil dan feritnya juga kecil (3 mm) seperti yang dulu sering dipakai untuk perakitan radio CB 27 MHz.

Kawat untuk trafo bisa memakai kawat yang di bongkar dari koker tersebut, buka hati hati gulungan kawat yang sudah ada didalam koker karena kawatnya cukup halus dan agak mudah putus.

Langkah 1: gulung kawat dari kaki yang diberi nomor 5 ke kaki 4 searah jam (CW) sebanyak 3 gulung persis di tingkat 1 (jalur setingkat diatas jalur paling bawah)

Langkah 2: Gulung kawat dari kaki 1 ke kaki 2 searah jarum jam sebanyak 4 gulung persis di tingkat 2.

Langkah 3: Lanjutkan gulungan (dari langkah 2) searah jarum jam sebanyak 3 seperempat gulung ke kaki 3 di tingkat Tiga. (Bisa ditentukan persis seperempat gulungan, karena kokernya memiliki jalur yang dibelah menjadi 4).

Pembuatan kumparan L1

Gulung kawat tembaga ukuran diameter 0,3 - 0,5 mm sebanyak 10 seperempat gulung pada koker diameter sekitar 4 mm (yang nantinya akan dilepas) juga searah jarum jam.

Pembuatan kumparan L2

Gulung kawat tembaga ukuran diameter 0,1 mm sebanyak 50 gulung pada koker plastik tanpa ferit diameter sekitar 3,5 - 4 mm (cari bahan plastik dari barang bekas) juga searah jarum jam. Panjang bagian yang di liputi gulungan sepanjang 5 mm.

Oleh Hardy

Grab From "alds.stts.edu" offline

101 comments:

Anonymous said...

wah..
bagus postingnya mas
salut..
tar saya coba deh bikinnya
btw mas punya yg digital ga?

Anonymous said...

mas, aku kul di teknik komputer,trus ada tugas bikin mobil-mobilan sederhana,,,bisa bantuin gak mas..
aku,swear banget mas,,gak ngerti banget..alat-alatnya, caranya, semuanya deh..
cuz, emang baru sekarng kenalan ama yang begitu-begituan,,,
aku sempat nyatat, dosenku bilang kalo mobil2annya pake motor DC 12V aja, trus pake motor 12 CCW katanya..
mas, plis bantuin ya..

Anonymous said...

Wah, Anda bisa sertakan alamat email Anda atau email langsung saya dunk.
Buat mobil-mobilan sederhana khan tidak selalu pakai remote ?

edi said...

mas, aku minta tolong untuk dikirimi cara-cara pembuatan mobil remote control lengkap dgn skema/gambar,alat-alat yg digunakan. email ku k.mustofa@yahoo.com

Anonymous said...

mas, aku nih baru aja nyoba2 belajar maen rc yang standard...

kalo misalnya aku minta tolong tanya
cara untuk merubah frekuensi dari mobil ama remote-nya komponennya yang dirubah apa aja ya???
misal 27 mau dirubah ke 28

kalo ada yang bisa bantu tolong emel-kan dunk ke depo_xxx@hotmail.com
makaciii....

serbaserbi said...

mas,.,bagus banget dech postingannnya.,.,saya sekarang sedang kuliah.,.,ada tugas dari dosen untuk membuat mesin pemotong rumput menggunakan remote kontrol.,., kira2 rangkaian ini cocok gak ya.,.,??


atau masih ada yang perlu ditambahkan.,.,


????


masalahnya dia kan make motor dc yang gede. biar bisa mutar pisaunya.,..,.


mohon banget bantuannya mas.,.,


ini email saya.,.,david_feri2001@yahoo.com

tolong reply secepatnya mas.,.


klo gak bisa ngulang tahun depan nech hicksz.,.,

Anonymous said...

mas gambar pada rangkaian penerima radio control untuk Q8 itu type berapa mas???? makasih mas

Anonymous said...

huff ini masih nyontek dari yang lain yah?
no offence but not good !!!!!

Anonymous said...

wah bagus banget tu postingannya....mas ajarin dong .....tolong banget kirim modul cara2 bikin mainan mobil remot ap aj yang dibutuhin......abankjarwo@yahoo.co.id makasih

d14z said...

mas tipe transistor(rx) Q8 tu berapa y kurang jelas & fungsi U1A itu apa y mohan penjelasannya

oy klw lilitan pada travo qt bikin sendiri kawat nya ukuran berapa mm mohon penjelasanya

bisa kirim via email d14z_arex@yahoo.co.id thanks y mas

Agfan Voxengo said...

assalamu alaikum...

mas mw minta tolong nich..
sy mw belajar bikin sistem remote control pada kapal miniature milik sy..
tolong donk kirimkan detail gambar rangkaian dan nm Alat2 yg digunakan..

di emailku aja
Agfan_vox@yahoo.co.id

makasih mas...

rafiudin said...
This comment has been removed by the author.
rafiudin said...

mas, aku minta tolong untuk dikirimi cara-cara pembuatan mobil remote control lengkap dgn skema/gambar pcbnya dong, komponen2x yg digunakan.

Please........Thanks

email ku rafi_dien@yahoo.co.id

Muhammad Aldrin said...

Mas, aq minta d kirimi rangkaian detailny buat bikin mobil remote control donk, email ku
4ldrin.juliant@gmail.com

aditya said...

mas,q mnta tlong kirimin detail, komponen ma cara kerja wt mobil reomote dnk??
baik kmponen di dlm mobilnya, maupun yg di remotenya,,

ke aditya.vida@yahoo.co.id

mkasih,,

Anonymous said...

iya mas aku juga..
minta dikirimin tutor'a sma daftar kompnen"a yng lengkap ke :
shield_zha@yahoo.com

tnx

indra-devilst said...

Mas klo digabung sama mikrokonroler bisa g'??
terus dihubungkan ke mana saja??
tolong kirim ke: indra_devilst@yahoo.com
Terima kasih

Ivan said...

mas,aku minta tolong untuk dikirimi cara-cara pembuatan mobil remote control lengkap dgn skema/gambar,alat-alat yg digunakan.

tolong kirim ke:raptor197@rocketmail.com

Unknown said...

mas tolong kirimin cara dan alat buat bikin remot control mobil mainan
di email sya
k_wildan@yahoo.co.id
tlng ya mas?makasih

mbohlah said...

mas saya mau mnta tolong, minta dikirimin rangkaian skema mobil mainan remot control + gambar , trus alat2 dan bahan apa ja yang harus si siapin
soalnya saya gagal terus
makasih...
email saya : cahgendengramudeng@gmail.com

Virtsa said...

Saya punya pengalaman membeli 2 buah mobil-mobilan ternyata frekuensinya sama (27MHz), yang terjadi dengan satu remote bisa menggannggu/menjalankan 2 mobil-mobilan sekaligus.

Bagaimana cara merubah frekuensinya ? apakah hanya dengan mengganti kristal Y1 yang bernilai 27,145 MHz.

i. arif w. said...
This comment has been removed by the author.
i. arif w. said...

mas, minta tolong penjelasannya tentang komponen apa saja yang digunakan, dan berapa jumlah masing-masing.
dan bentuk fisik dari "Y1" itu seperti apa.
terima kasih.
e-mail saya: i.warif@yahoo.com

Bob William said...

mas minta tolong daftar komponennya ya, saya mau beli komponen bingung karena tulisan di gmbrnya krg jelas
terima kasih
email saya
movinggear@gmail.com

Unknown said...

Mas, mau nanya soal remote control jika saya mau gabungkan 4 unit reciever yang diperintah oleh satu transmiter (controler) bisa gak ? saya rencana mau eksperimen bikin "quadcopter" bermotor 4. nah klo saya pakai motor buat helicopter, apa saya pakai satu recievernya saja yang saya paralelkan ke semua motor atau saya gunakan 4 motor dengan 4 reciever dengan mengganti kristal menjadi freq seragam ? gimana yaah,,,tolong bantuin donk. thanks.

turend said...

mas, tolong kirimin cara dan alat buat merangkai remote control mobil mainan
email saya : tiwul.godok@yahoo.com
please. trimakasih.

zeratul said...

mas aku seno, aku minta tolong di kirimi skemanya yang jelas plus daftar komponennya donk. aku penasaran banget pengen buat rc car. tolong kirim ke e-mail ku : starcraft.zeratul@gmail.com
pleas mas, aku minta tolong banget....

tanks b4...

wandi lapantoedjoeh said...

wah, boleh juga mas, minta jg dong skema nya plus daftar komponennya,,
e-mail: wandi.lapantoedjoeh@gmail.com
pingin mbuat juga RC car,,
sebelum & sesudahnya matur nuwun mas,,

Timothy Adi Prima Tarigan said...

Saya juga minta dikirimin dong, mas. skema pembuatannya. mana tau bisa dipelajari lebih mendalam.
E-mail: timothytarigan@yahoo.com

Thank you

Indra Gunawan said...

Mas saya minta skemanya juga, serta komponen2 dan cara kerjanya ke :
mr.ignw@inbox.com
Terima Kasih

apin said...

kk,saya minta tolong donk....
kirimkan gambar rangkaian remote control untuk mobil mainan....
yg ukurannya jelas,juga keliatan angka angka nilai resistor dan komponen lainnya.....
sekalian kk jelasin gmana cara merangkainya dari awal ampe akhir ( untuk belok,dan maju mundurnya mobil).


plisssssssssss......
tolong ya kak,saya mohon kesediaan kk.......


email saya: apin.prima@yahoo.com

Unknown said...

mas, tlong kirimin dunk daftar alat dan bahan pembuatan remote control mobilan atau helikopter, sekalian skema rangkaianNya ya..
thank's before./.
ke >> deolan@ymail.com

Unknown said...

wah keren bgt tutorialnya!!! aku juga mau mas,kirimin aku dong cara ngerubah frekwensi remote pada remote control helicopter.. lengkap dengan foto skema dan foto ic apa saja yg di ganti!! helicopterku dan remotenya di frekwensi 27mhz mo di rubah ke 28mhz.. emailku andi.sadeck@gmail.com.. mksih banyak ya mas sebelumnya!!!

Ihsan said...

mantap pemancarnya... rangkaian complite seperti ini yang saya cari

fery setiawan said...

mas sya tertarik bgt ma artikelnya,bantu saya dwnk mas krmn tutorial lengkapnya ke email saya plisss...tanks

fery setiawan said...

mas nie email sya..Feri_setiawan429@yahoo.com
tanks mas

CyberFree said...

mas..mau nanya..
klo membuat pesawat atau helikopter remote kontrol bahan-bahan nya kurang lebih apa saja..(kalo bisa berikut penjelasan nya mass)

kirim ke email saja mass

kubillibuk@gmail.com

makasi banyak sebelumnya..

chandraliahafs said...

mas buat trafox gmna..? kokernya yg kayak gimna...? terus dioda yg g ad nilaibya..itu gmna..?
berapanilainy makasih...
chandra.anggara@yahoo.co.id

HASAN said...

mas saya mau belajar bikin mobil rc sendiri, tapi masih blank soal fungsi2 tiap komponennya n cara buat pcb nya,, punya referensi atau ebook yg bisa ku pelajari gak??,,, tolong kirim ke email h454nnd@gmail.com ya kalau punya,,,, terimakasih

khoerul anwar said...

mas, aku minta tolong untuk dikirimi cara-cara pembuatan mobil mobilan remote control lengkap dgn skema rangkaian dan daftar komponen yg
digunakan ya. Ke email ku khoerulanwar1@gmail.Com

andi sanjaya said...

q juga tertarik nih. soal'a q masih punya mobil'an. dan semua mobil q radio kontrol'a pada gak bisa lagi....
tolong kirimi gambar pcb'a... dan komponen apa aja yg saya beli.... klo liat skema saja q binggung....trimakasih sebelum'a... ini email q
andi, otomotif_fo@yahoo.com

koala said...

mas tolong saya ajarin buat mainan pake sistem remote control..
zaekha@gmail.com

Duku Fc said...

bgus mas......trus klo program IC_y gmn mas...

atoelbililala.blogspot.com said...

mas aku minta tolong ajarin cara buat remot kontrol untuk perangkat yang diatas permukaan air.. mau buat tugas akhir.ini email aku atoel.aini@yahoo.com
thanks :)

Fijar illahi said...

mas saya fijar baru naik ke kelas tiga SMA. saya tuh hobynya bongkar pasang alat2 elektronik sampe2 di marahin sama ortu gara2 lupa waktu. pengen kuliah di jurusan elektronik tapi ngga tau apa2. bisa kirimiin komponen2 dan tutorial rancangan mobil remot controlnya ngga? ke caky_evil@yahoo.com saya udah punya mobil remotnya tapi rusak kayanya dari pemancar Radio Controlnya. mohon bantuannya mas.

sekilomahal said...

mas, kirimin dong secara detail bahan bahan yang diperlukan sama langkah langkah pembuatannya ke sekilomahal@gmail.com atur nuhun :)

Nayr said...

mas bisa kirim cara-cara yang lebih lengkap dan jelas engga ? :)
sekalian alat ama bahan buat bikinnya juga ya mas.. :)
tolong kirim ke ryansukmafauzie@gmail.com

SOERO_82 said...

klo mau pesan jadi tinggal pasang di mobil mainan ada pa gak?hrg brp?

lutfi10 said...

mas gambar rangkaiannya g jelas, tlong pyn kirimi gmbar rangkaiannya ya,, biar jelas komponen2 apa saja yg dibutuhkan,,
lutfi.lebo@gmail.com
trimakasih

FotoQu said...

Mas tlng kirimi contoh2 gambarnya berikut cara2 peletakannya dan jalur2nya
maksi ya.
Email. febriano_gunawan@yahoo.com

bakulpeta said...

mas kalau mobil remot cuma bisa mundur aja ga bisa maju, yang rusak apanya ya.., kl di tester pd saat mundur sktr 7 volt tp kl maju cuma 2 volt..thanx

FELIX_ARIANTO said...

gini mas, saya suka bgt sama yg namanya mobil mainan yg pake remote kontrol, pi males karena sering rusak
nah saya pengen bisa bikin sendiri biar kalo ada yg rusak bisa bnerin sendiri ^_^.
pi saya gk tau apa2 tentang elektronik,
saya minta tolong ke mas, ajarin saya donk,
saya bisa pemrograman komputer java, sedikit c++,
dulu pernah nyoba mainan seven segmen make broadband.

sekali lagi, ajarin saya donk mas ^_^.
tolong bales ke email.
thanks..

felixarianto13@gmail.com

Prof. Yohanes said...

mas, kl mo bwt remot control penghidup lmpu jrak jauh kyk mna y bntk rangkaian pemancar n penerima na??? mohon di bntu y mas... TQ :)

Prof. Yohanes said...

o iy, lpa email sya, hehe, jd kan mas kapan" kl smpet bsa jwb
prof.yohanesgiovani@gmail.com

mustika26.blongspot.com said...

postingin juga dong cara mengubah frequensi tx dan rx. karena aku punya 4 mobil yang frequensi sama, jadi kalo maju maju semua. gimana cara mengubah freq agar semua mobil berlainan.

ajini61 said...

Mas,q mnta dbuatin skema lampu mobil2n biasa jdi kya mobil blap gitu..???
Ap rangkain.a nmbh transistor sma resistor???
Krim k.email ni y mas,,
ajinirapierlike@gmail.com
makasih..

alpian said...

mas kalau mobilan anak saya pakai maki 6v klau mo pakai aki 12v gmna caranya tlg email ke pian354@gmail.com makasih

rijalmohamad said...

Bsgus bgt

Unknown said...

mas,aku minta tolong untuk dikirimi cara-cara pembuatan mobil remote control lengkap dgn skema/gambar,alat-alat yg digunakan.

tolong kirim ke:nyoba.nyoba12@gmail.com

thanks before

Unknown said...

mas bisa bantuin cara buatnya gimana trus klo bisa sama gambar lengkap sama daftar komponen - komponennya ....

email : frozensoul.er@gmail.com

makasih ya mas sebelumnya...!!

Unknown said...

pagi.saya mau tanya lau dinamo bisa bolak balik putaranya di gimna'in ya

BANKTUL CUP 2022 said...

mas minta tutornya lengkap ya saya mau bikin mobil2 lan yang di kendaliin nya pake komputer ..

ke email nie mas ya :agri_arema@rocketmail.com

terimkasih banyak

Arif said...

mas,mobil remot control bisa kita ubah menjadi helikopter remot control?kalau bisa saya minta caranya dikirim ke abuhasya@ymail.com

Erwin said...

anda jual rangkaian yg sudah jadi ndak mas,klo ada sya mau pesan.shinoby25@gmail.com

Unknown said...

mas tolong minta tutorialnya. dan bahan-bahannya apa saja ???.anggaotok@gmail.com

Joe said...

mas,aku minta tolong untuk dikirimi cara-cara pembuatan mobil remote control lengkap dgn skema/gambar,alat-alat yg digunakan.tolong kirim ke: joekembir@gmail.com
thanks before

Unknown said...

mas..
minta tolong jelasin tentang proses pembuatan mobil rc, lengkap ya mas, biar saya ndak bingung, soalnya saya cuma anak SMP,
cuma pengen nyoba nyoba aja :) biar ada pengalaman juga.

sukma.anggraitha.sbl@gmail.com

terima kasih.

Unknown said...

Keren sob

www.kiostiket.com

Unknown said...

mas..
minta tolong jelasin tentang proses pembuatan mobil rc, lengkap ya mas, biar saya ndak bingung, soalnya saya cuma anak SMP,
cuma pengen nyoba nyoba aja :) biar ada pengalaman juga. hehehehhe

ke nurmansyahs10@gmail.com

Unknown said...

mantap.......... Mas aq ini masi pemula, boeh minta tutorial perakitan remot kontrol dan mesin buat rc boat.... bahan2nya .. Mohon bantuanya...

kalo bole tolong di kirim di sini : ricmil_pieter@yahoo.co.id...

Unknown said...

bagi bagi donk ilmu nya aku juga penasaran pengen banget bikin rc mobil nya kirimin donk skema nya pliis

Unknown said...

bagi bagi donk ilmu nya aku juga penasaran pengen banget bikin rc mobil nya kirimin donk skema nya pliis

geal geol said...

mas, tolong kirimin modul lengkap cara membuat mobil RC dan daftar lengkap komponennya.. aku pengen nyoba
tolong kirim ke driver.ddriver.devil@gmail.com

Ega Herawati said...

Anda tahu bagaimana cara membuat remote yang bisa digunakan dari jarak yang lumayan jauh? Kalau bisa tolong di posting ya beserta gambar.. terimakasih.. :)

Unknown said...

ass.
mas, bisa tolong kirimin cara membuat mobil remote sederhana ke email dim_as_genius@yahoo.co.id ...
skema rangkaian, alat dan bahan, dan langkah kerja nya mas.

@4@ said...

Tolong juga mas k amirkolamas@yahoo.co.id

Unknown said...

ass.
mas, bisa tolong kirimin cara membuat mobil remote sederhana ke email saya purwanto.raka@gmail.com
skema rangkaian, alat dan bahan, dan langkah kerja nya mas.
Trimakasih sebelumnya...

Unknown said...

ass.
mas, bisa tolong kirimin cara membuat mobil remote sederhana ke email saya purwanto.raka@gmail.com
skema rangkaian, alat dan bahan, dan langkah kerja nya mas.
Trimakasih sebelumnya...

Unknown said...

ass.
mas, bisa tolong kirimin cara membuat mobil remote sederhana ke email saya purwanto.raka@gmail.com
skema rangkaian, alat dan bahan, dan langkah kerja nya mas.
Trimakasih sebelumnya...

Unknown said...

Permintaan saya rata2 sama seperti yg di atas mas,... mengenai cara pembuatan mobil remotnya,.... kalau untuk membuat pesawat mainan radio gmana mas hub saya ke email ini aja mas : yeris27resi@gmail.com
makasih mas sebelumnya,....

Unknown said...

Assalamu'alaykum,,,mas, bisa tolong kirimin cara membuat mobil remote sederhana ke email saya satria_4ever@yahoo.com
skema rangkaian, alat dan bahan, dan langkah kerja nya mas.
Trimakasih sebelumnya...

M. Nafis Hamas said...

Mas, saya mau tanya...
saya pengen buat saklar dengan basis remote tapi menggunakan dasar rangkaian rc kira2 bisa atau tidak ? jika harus ada yang diubah/ditambah kira2 apa saja ? klo bisa jawabannya di kirim ke email saya nafishamas@gmail.com
Terimakasih

Unknown said...

Assalamu'alaikum
mas..bisa buatin + kirimin cara membuat helikopter/mobil remote sederhana ke email saya asep0nel2@gmail.com
skema rangkaian, alat dan bahan, dan langkah kerja nya mas.
Trimakasih sebelumnya..

0 said...

Mas tolong sekali buatkan skema dan bahan bahannya buat mobil remote balap... boleh dikirimkan di email saya: johanesjunior84@gmail.com

Unknown said...

Seasonbet77
agen judi
agen bola
judi bola
agen sbobet
agen bola online
agen bola terpercaya
promo bonus
prediksi skor
agen ibcbet
agen 338a
agen 1scasino
agen asiapoker77
Prediksi Bourg en Bresse vs Stade Brestois 29 19 September 2015
Prediksi Colonia vs Borussia Mgladbach 19 09 15
Prediksi SC Bastia vs OGC Nice 20 September 2015
Prediksi Las Palmas vs Rayo Vallecano 21 09 2015
Prediksi Stoccarda vs Schalke 04 20 09 2015
Prediksi Arminia Bielefeld vs Bochum 22 September 2015
Prediksi Darmstadt 98 vs Werder Brema 23 September 2015
Prediksi Gazelec Ajaccio vs Stade Rennais 24 09 2015
Prediksi Hoffenheim vs Borussia Dortmund 24 09 2015
Prediksi Red Star FC 93 vs Stade Brestois 26 September 2015
Prediksi Valenciennes AFC vs Tours 26 09 2015

Unknown said...

Mohon bantuannya agan' semua, RC CAR saya rusak di IC nya katanya IC RX 2G, kira" yang jual dimana yah saya sudah nyari kesana kemari tapi gak ada, mohon bantuannya agan agan semua, bila ada hubungi no saya 082213918220. makasih, ditunggu yah kabarnya segera sekarang. makasih :)

Unknown said...

gan remote mobil anak ane g fungsi gan:(
tak cek pake camera hp bagus aj gan(putih)
apanya y gan yg error?
baru test drive kemarin begitu dibawa pulang g bisa gan:<

Unknown said...

mas mau tanyak rc drift sy knp tidak bisa binding?lampu di esc kedip2 terus apa yg slh ya mas?apa reicever nya.mohon bantuannya mas

Arka said...

Pertanyaan tmn2 ada yg dijawab gak?

jhon eger said...

Mas blh mnta krim skema rangkaian ya yg lbh jls bsa gx mas + komponenya apa aja.krim ke email aq.eriksetiawan456@gmail.com

jhon eger said...

Mas blh mnta krim skema rangkaian ya yg lbh jls bsa gx mas + komponenya apa aja.krim ke email aq.eriksetiawan456@gmail.com

Unknown said...



mau main taruhan bola online, aman dan terpercaya. agent sbo ibc maxbet resmi. dengan promo bonus member baru dafftar segera di https://goo.gl/OQKZcJ
Whatsapp : +84986764303
BBM : 7AABD79C
WeChat : fifagol
LINE : fifagol
Bank Support : BCA, MANDIRI, BNI, BRI

atau mau liat gambar sexy abg https://goo.gl/8QSaFv atau tante sexy https://goo.gl/Hm3qfT berita bola pun ada https://goo.gl/ltFSUY yuk berkunjung

Prediksi bola dan berita

Abg Sexy Pamer toket

Jablay pamer meki

Agen terpercaya MAXBET

Agen resmi terpercaya SBO*BET

prima fakhriy said...

Saya juga minta dikirimin dong, mas. skema pembuatannya. mana tau bisa dipelajari lebih mendalam.
Email:goldrampage29@gmail.com

prima fakhriy said...

Mas saya masih bingung cara bikin kumparan sama trafo nya, boleh minta line atau apa gitu buat tanya2

prima fakhriy said...

Mas saya masih bingung cara bikin kumparan sama trafo nya, boleh minta line atau apa gitu buat tanya2

Unknown said...

Mas mau nanya cara ny merubah Remote kontrol dari yg pke btu baterai menjadi pke aki 6 volt, apa aja yg hrus dganti.

JC-admin said...
This comment has been removed by the author.
JC-admin said...

terima kasih ilmunya.. Sangat bermanfaat sekali
bagi yang lagi cari mobil mainan aki remote control bisa lihat lihat di sini:
Pusat Mobil Mainan Aki

Honda medan said...

mas saya nempah sama mas bisa gak yaa, saya pingin buat remot control pesawat terbang. kalau boleh kirim no wa yaa mas ke email sya : Wanalamsyahfahrozi@gmail.com

SENJA di BUKIT sepi said...

anda serius kah

Unknown said...

Mas mau tanya,Cristal yg digunakan untuk tv drone, jenis apa,

Disclaimer


Blog ini tidak bertanggung jawab atas kesalahan atas program yang Anda download ataupun sesuatu hal yang berhubungan dengan materi-materi yang ada. Terima kasih atas saran dan kritik yang membangun. Non profit blog. Untuk lebih lanjut hub Webmaster di : agencs@yahoo.com


"All Links In This Blog Is Temporary Link"

NO SPAM AND VIOLATED CONTENT

Generated®


Banner IP Browser

Lihat gambar di bawah ini, ingin punya yang seperti ini juga. Anda bisa pasang banner ini di blog Anda atau posting Anda. Bisa deteksi IP Adress, Browser.

Tulis code ini di footer blog kamu atau posting kamu. Copy (CTRL+C) Paste (CTRL+V) at this script.
Coba Deh, Kuueereeen lho ....
 


Creative Commons License
Powered by Blogger | Created and Maintained by Generated
Blogger Beta Template by GeckoandFly and Blogcrowds | Design by Andreas Viklund
This workis licensed under a Creative Commons Attribution-Noncommercial-Share Alike 2.5 Malaysia License.
Best viewed in Firefox 1.5+ at 1024x768 or higher resolution
Copyright 2007 Content by BIZON network
Hosting Reseller Reviews cydots.com - Free Domains!