PERCOBAAN PENERAAN ALAT UKUR
Mengetahui ketelitian suatu volt meter dan ampere meter arus searah dan bolak – balik.
Penerapan suatu alat ukur arus searah ataupun arus bolak – balik pada dsarnya sama, yaitu membandingkan alat yang ditera dengan suatu alat standar. Sebagai alat ukur standar harus mempunyai derajat ketelitian yang lebih tinggi dari alat yang ditera.
Derajat ketelitian dari alat – alat ukur atau meter – meter diklasifikasikan dalam kelas – kelas : 0,2; 0,5; 1,0; 1,5 dan 2,5.
6.3 ALAT – ALAT YANG DIGUNAKAN
- Catu daya arus searah
- Sebuah alat ukur standar tegangan dan arus searah atau bolak – balik.
- Panel percobaan
- Alat ukur yang ditera
- Kabel penghubung
6.4 PROSEDUR PERCOBAAN
6.4.1 Peneraan Alat Ukur Arus
Gambar 6.1 Rangkaian untuk peneraan Alat Ukur Arus
a. Menyiapkan rangkaian seperti gambar 6.1.
b. Menyiapkan 2 buah ampere meter ( yang satu standar, yang satu akan ditera ).
c. Mengatur power supply sebesar 5 volt.
d. Mengukur arus dengan kedua ampere meter pada rempat yang telah disediakan serta masukkan hasilnya pada tabel yang ada.
e. Melakukan kembali prosedur diatas ( a – b ) dengan tegangan supply 10 dan 15 Volt.
6.1.1 Peneraan Alat Ukur Tegangan
Gambar 6.2 Rangkaian Untuk peneraan Alat Ukur Tegangan
a. Menyiapkan rangkaian seperti pada gambar no. 6.2.
b. Mengatur catu daya, sebesar 5 volt.
c. Menyiapkan 2 buah volt meter ( yang satu standar, yang satu akan ditera ).
d. Mengukur tegangan dengan kedua volt meter tersebut dan membaca penunjukan serta masukkan hasilnya pada tabel yang ada.
e. Melakukan kembali prosedur diatas ( a – d ) dengan tegangan supply 10 dan 15 volt.
6.1 TUGAS PERTANYAAN
Soal
1. Gambarkanlah karakteristik VS sebagai fungsi dari VX,demikian juga untuk AS fungsi dari AX ?
2. Berapa persen kesalahan Voltmeter dan Amperemeter yang ditera terhadap standart?
3. Ketelitian dari alat ukur harus diberikan menurut klasifikasi dalam 8 “kelas”. Sebutkan?
4. Jelaskan penggunaan alat ukur dari setiap kelas yang telah anda sebutkan sebelumnya?
5. Buatlah kesimpulan dari percobaan ini?
No comments:
Post a Comment