Buku Tamu

You're quest at : elkablog.co.nr

Dan Anda Pengunjung Ke : website stats

This Blog Can Be Accessed To At "elektronika.net.ms"

Searching

Belum menemukan yang Anda cari, mungkin kata kunci Anda kurang tepat atau masih salah. Coba masukkan lagi kata kunci Anda yang baru pada fasilitas searching di Blog ini untuk lebih lengkap, search in database this blog :

Perhatian

Untuk tampilan gambar yang lebih jelas, Anda dapat klik langsung pada gambar yang ada. Selamat menjelajah !
More Read :

Unduh Adobe Flash player

Wednesday, August 15, 2007

Tips Memperbaiki MMC Yang Korup


Handphone keluaran sekarang ini rata-rata sudah mengusung konsep memori eksternal karena biasanya handphone tersebut membawa fitur-fitur yang variatif dan memerlukan media penyimpanan data. Salah satu media penyimpanan data yang masih dipakai oleh handphone adalah MMC (Multi Media Card). Dan sekarang pun harga MMC juga bervariasi, semakin besar kapasitas MMC, cenderung harganya akan semakin murah. Tetapi hal tersebut kembali lagi pada keperluan kita masing-masing, dan spesifikasi dari handphone atau piranti elektronik yang kita pakai.

Judul korup diatas bukan bermaksud menyindir pejabat yang korup, namun istilah yang lazim digunakan untuk menyebut kerusakan pada memory card. Secara fisik, sebenarnya Memory Card merupakan produk teknologi yang cukup rentan, dan mudah sekali rusak karena kena panas, pengembunan, medan magnet yang besar, atau mungkin tindakan yang kasar padanya, misalnya dibanting, he3. Hal ini berkaitan dengan cara penggunaan produk ini yang sering diselipkan keluar masuk piranti elektronik seperti handphone, kamera digital, laptop, mp3 player, mp4 player, dekstop PC, atau memory card reader. Jadi tidak terlalu mengejutkan jika terkadang system file yang ada pada kartu memori tersebut rusak. Hal ini bisa terjadi karena berbagai sebab, seperti tersebut di bawah ini :

  • Mengeluarkan kartu memori saat Anda sedang menjalankan suatu aplikasi sedang membaca atau sedang menulis data di dalamnya.
  • Menurunnya daya tahan baterai pada suatu alat elektronik yang sedang digunakan atau dengan kata lain, kurangnya daya atau voltase saat kartu memori sedang melakukan penulisan data.
  • Terkadang adanya ketidak cocokan piranti elektronik dengan jenis MMC yang akan digunakan.
  • Ketidak cocokan software driver PC Windows/Mac/Linux dengan kartu memori.
  • Kerusakan fisik seperti MMC pernah basah, dibanting, terbakar, dst. He3 ..

Mengatasi masalah ini sama dengan menangani masalah pada piranti penyimpanan data yang lain seperti pada harddisk ataupun flashdisk yang terkadang kita menemui pesan “Corrupt” atau “invalid file system”, yakni dengan melakukan format ulang pada system file.

Melakukan format ulang pada MMC Card

Biasanya sebuah ponsel akan menawarkan beberapa opsi saat Anda akan melakukan “format “ pada saat MMC yang Anda masukkan tidak dikenali. Untuk mengatasi hal ini diperlukan langkah-langkah sebagai berikut:

Penanganan Menggunakkan PC Windows atau Mac.

  • Melakukan proses “multi format” pada card reader secara terpisah (pastikan card reader tersebut kompatible dengan MMC standar).
  • Konektor card reader biasanya berbentuk USB atau PCMCIA. Jika berbentuk USB, pastikan menggunakkan USB2.
  • Jika sudah, tancapkan langsung ke PC atau Mac, dan langsung akan dikenali oleh PC atau Mac.

Begitu card reader memory terpasang di PC, buka Windows Explorer, maka akan terlihat icon removable drive. Pada PC Mac akan langsung muncul pada layar Dekstop icon card reader.

Klik drive yang dimaksud (Card Reader). Jika diklik muncul pesan “unreadable”, langsung klik kanan pada drive tersebut dan akan muncul opsi beberapa opsi format.

Pilih “Format Drive” dan pastikan bahwa yang akan diformat adalah FAT, bukan FAT32 atau NTFS. Begitu selesai, langsung tekan tombol “Format Now”. Anda harus memastikan bahwa opsi format bukanlah Quick Format. Karena Quick Format tidak akan menyelesaikan masalah MMC korup tersebut. Begitu proses format selesai, MMC akan bersih seperti baru. Jika masih muncul pesan “error” pada saat format, berarti kerusakan tidak hanya pada software. Untuk meyakinkan, lakukan format ulang pada Memory Card Reader yang lain.

Jika masih tetap tidak bisa digunakan, berarti MMC tersebut rusak. Jika garansinya masih berlaku, segera bawa MMC tersebut pada toko tempat Anda membelinya sebagai konfirmasi bahwa barang tersebut cacat, untuk mendapatkan ganti yang lebih baru. Sekian, semoga bermanfaat.

4 comments:

Dhymas said...

Thank bos Tips nya....
cuma aku dah coba tapi knapa gak bisa juga yah...
Mungkin aku yg under X yach..

Anonymous said...

gw punya hp n-gage qd mmc gw 512mb pas gw masukin di hp gw ada tulisan kartu memori rusak w dah pengen coba format dihp tapi ke menu susah.gw pengen format di pc pake card reader tapi gak kebaca .tolong donk kasih tau ke email gw x_dnay@yahoo.co.id

koceng said...

bosss!!!ada kesalahan waktu format memori pke FAT32,jd isi memori 0 bytes.bs diperbaiki g???
smoccer_united@yahoo.co.id

ayom said...

hm makasih bwt masukan nya,,,nie MMC q dah normal kmbali stelah mempelajari,,,,

Disclaimer


Blog ini tidak bertanggung jawab atas kesalahan atas program yang Anda download ataupun sesuatu hal yang berhubungan dengan materi-materi yang ada. Terima kasih atas saran dan kritik yang membangun. Non profit blog. Untuk lebih lanjut hub Webmaster di : agencs@yahoo.com


"All Links In This Blog Is Temporary Link"

NO SPAM AND VIOLATED CONTENT

Generated®


Banner IP Browser

Lihat gambar di bawah ini, ingin punya yang seperti ini juga. Anda bisa pasang banner ini di blog Anda atau posting Anda. Bisa deteksi IP Adress, Browser.

Tulis code ini di footer blog kamu atau posting kamu. Copy (CTRL+C) Paste (CTRL+V) at this script.
Coba Deh, Kuueereeen lho ....
 


Creative Commons License
Powered by Blogger | Created and Maintained by Generated
Blogger Beta Template by GeckoandFly and Blogcrowds | Design by Andreas Viklund
This workis licensed under a Creative Commons Attribution-Noncommercial-Share Alike 2.5 Malaysia License.
Best viewed in Firefox 1.5+ at 1024x768 or higher resolution
Copyright 2007 Content by BIZON network
Hosting Reseller Reviews cydots.com - Free Domains!