Searching

Belum menemukan yang Anda cari, mungkin kata kunci Anda kurang tepat atau masih salah. Coba masukkan lagi kata kunci Anda yang baru pada fasilitas searching di Blog ini untuk lebih lengkap, search in database this blog :

Perhatian

Untuk tampilan gambar yang lebih jelas, Anda dapat klik langsung pada gambar yang ada. Selamat menjelajah !
More Read :

Friday, May 11, 2007

3G (Third Generation Technology)

Sekarang ini marak dengan handphone-handphone baru yang dilepas oleh beberapa vendor dengan mengusung teknologi 3G. Three G, atau singkatan dari Third Generation Technology merupakan teknologi terbaru dalam mengakses data dari handphone.

Semakin canggihnya teknologi, maka data bisa diakses melalui berbagai media, salah satunya adalah HP. Pengguna dimudahkan dengan layanan-layanan dan contents yang ditawarkan oleh operator, tetapi sayangnya di Indonesia, 3G belum terlalu dilirik karena masyarakat kebanyakan mengakses data melalui internet PC, Wifi laptop, media televisi, radio, dll. Diikuti juga dengan agak mahalnya tarif yang ditawarkan beberapa operator dan kurangnya sosialisasi tentang penggunaan dan instalasi maupun registrasi 3G bagi masyarakat. Kalau saya boleh bilang, handphone boleh mentereng tapi kalau ndak bisa pakai, ya percuma ….



Sebenarnya teknologi 3G adalah evolusi dari teknologi GSM dan baru masuk Indonesia beberapa tahun belakangan ini. Merupakan tekonlogi yang dapat mendukung akses data, baik itu suara, tulisan, gambar, maupun video. Didukung pula dengan kecepatan yang patut diunggulkan. Dengan layanan akses 384 kbps untuk posisi bergerak dan 2Mbps untuk tetap. Tetapi teknologi 3G hanya dapat didukung oleh beberapa provider operator yang menyediakan layanan 3G dan juga didukung oleh pesawat handphone yang support 3G juga.


Maka dari itu dengan teknologi 3G maka kita dapat telepon dengan melihat wajah lawan bicara kita, menonton berita dari TV melalui HP, download suatu lagu atau data dengan cepat dibandingkan teknologi GPRS, bermain game online, browsing, dll. Hal itu tergantung juga dengan ketentuan layanan 3G dari operator provider masing-masing.

LAYANAN YANG DITAWARKAN

Teknologi 3G datang menawarkan kecepatan akses sampai 100 kali lipat GPRS (General Pocket Radio Service) yakni hingga 384 kbps (kilobyte per second). Bahkan kecepatan itu bisa berlipat ganda hingga maksimum 2 Mbps bila operator menawarkan “bonus” layanan HSDPA (High Speed Downlink Packet Access).


Layanan-layanan utama yang ditawarkan oleh teknologi 3G adalah :

1. Video Call

Ini adalah layanan primadona 3G. Dua orang pengguna bisa berbicara sambil menatap wajah lawan bicara di layar ponsel.

Teknologi ini bisa dikembangkan antara lain untuk:

- Layanan jasa konsumen berbasis video telepon. Ketimbang hanya melayani konsumen dengan tele-center berbasis telepon biasa, sudah saatnya perusahaan-perusahaan yang bergerak di sektor jasa mulai memberikan opsi layanan kontak konsumen dengan menggunakan telepon video. Komunikasi dengan konsumen akan berlangsung dengan akrab dan personal. Perusahaan yang bersangutan tinggal menyediakan nomor yang bisa dihubungi konsumen untuk kepentingan video call dengan staf layanan konsumen.

- Layanan konsultasi kesehatan jarak jauh. Seorang dokter yang sedang berada di luar negeri bisa tetap berkomunikasi dengan pasiennya secara reguler. Atau seorang dokter ahli masih tetap bisa memimpin sebuah operasi pembedahan meskipun pada saat yang sama sedang berada di negara lain

2. Real Time Video Sharing

Seorang pengguna ponsel 3G bisa mengirimkan rekaman video real-time ke ponsel tujuan sambil tetap melakukan percakapan telepon.

Teknologi ini bisa digunakan untuk:

- Liputan langsung jurnalis televisi dari lapangan. Operator ataupun perusahaan penyedia content bisa menawarkan layanan alih-daya (outsourcing) reportase lapangan kepada sejumlah stasiun televisi. Hanya dengan menggunakan jaringan 3G, seorang reporter bisa mengirimkan rekaman video terbarunya secara cepat sambil tetap melaporkan hasil pandangan matanya sehingga bisa ditayangkan secara langsung.

- Berbagi kebahagiaan di antara keluarga. Peristiwa kelahiran anak atau wisuda anak adalah momentum penting yang harus dibagi ke seluruh

anggota keluarga maupun kolega. Sambil mengirimkan rekaman pertama bayi yang sedang dalam pelukan ibunya, si ayah bisa menceritakan suasana

kelahiran tersebut lewat video call.

3. VoIP (Voice Over Internet Protocol)

Percakapan telepon via Internet bisa dilakukan dengan mudah di jaringan 3G mengingat kapasitas pitanya yang besar. Ini merupakan revolusi besar dalam dunia telekomunikasi di mana komunikasi suara bisa dilakukan dengan murah meriah karena memanfaatkan protokol Internet.

Peluang yang bisa dimanfaatkan:

- Pengguna ponsel 3G bisa menikmati layanan telepon internasional gratis seperti yang disediakan Skype. Artinya, pengguna bisa menelepon ke mana saja di dunia: tak perlu bayar biaya Sambungan Lansung Internasional (SLI) seperti yang selama ini terjadi, tetapi cukup bayar akses jaringan 3G yang digunakan.

- Sarana komunikasi paling efisien bagi pengusaha ekspor-impor. Kalangan pengusaha yang bergerak di bidang ekspor impor paling diuntungkan dengan pemanfaatkan VoIP di jaringan 3G ini: biaya telepon SLI jadi terpangkas sangat signifikan dan bisnis pun akan berjalan dengan memuaskan.

4. Multiplayer Games

Bermain game online di ponsel dengan para penantang dari berbagai kota atau negara bisa dilakukan menggunakan jaringan 3G.

- Peluang bagi produsen-produsen games lokal untuk membuat semakin banyak content permainan digital dan menawarkannya via operator. Games-games lokal dengan tema-tema lokal dan aktual jelas merupakan daya tarik sendiri bagi penggemar games pengguna ponsel 3G.

- Layanan kuis online. Acara kuis online yang melibatkan sejumlah peserta yang tersebar dari berbagai kota sangat mungkin dilakukan. Kuis dengan iming-iming hadiah tertentu akan membuat layanan semacam ini jadi diminati.

5. Browsing

Jika di jaringan GPRS saja pengguna ponsel bisa melakukan browsing Internet, tentu di jaringan 3G bisa jauh lebih mempesona dan memuaskan.

- Peluang bagi penyedia content lokal untuk menawarkan layanan-layanan menarik berbasis Web yang bisa dengan mudah diakses lewat ponsel 3G.

Info hiburan, jadwal penerbangan, indeks saham, dan lain-lain bisa ditawarkan sedemikian rupa.

- Portal berita lokal akan kembali bergairah. Jika selama ini masalah akses Internet masih dikaitkan dengan ketersediaan komputer dan bandwidth Internet, sekarang era 3G membuat "effort" untuk masuk ke Internet semakin ringkas: hanya dengan dua-tiga kali klik di browser ponsel 3G, halaman-halaman Web sudah berada di depan mata dengan kecepatan loading yang tinggi.

6. Audio & Video Streaming

Streaming gambar video dan audio merupakan metode yang efisien: tidak memakan space yang besar, tetapi tetap bisa menikmati gambar dan alunan musik di genggaman dengan nyaman.

- Produsen-produsen film nasional bisa menawarkan layanan video streaming film-film terbarunya di ponsel 3G. Tak perlu menunggu beberapa bulan setelah filmnya berada di bioskop, layanan mobile movie berbasis video streaming bisa langsung ditawarkan dan tentu bisa segera menggaet keuntungan dari situs.

- Industri rekaman juga bisa menawarkan hit-hit terbarunya lewat fasilitas audio streaming di ponsel 3G. Bisa ada beberapa opsi: hanya sekali dengar, bisa langsung disimpan atau boleh dibagi ke beberapa orang teman.

7. Content Download

Pengan beraneka isi layanan sangat dimungkinkan dengan adanya jaringan 3G.

- Operator dan penyedia content bisa menawarkan berbagai layanan seperti musik, video, foto atau dokumen lainnya.

- Software dan program aplikasi bisa dengan mudah ditawarkan. Pengguna tinggal registrasi dan akan mendapat content dari provider content.





Post sebelumnya >> Setting 3G pada HP Anda

Diolah dari berbagai sumber

No comments:

Disclaimer


Blog ini tidak bertanggung jawab atas kesalahan atas program yang Anda download ataupun sesuatu hal yang berhubungan dengan materi-materi yang ada. Terima kasih atas saran dan kritik yang membangun. Non profit blog. Untuk lebih lanjut hub Webmaster di : agencs@yahoo.com


"All Links In This Blog Is Temporary Link"

NO SPAM AND VIOLATED CONTENT

Generated®


Banner IP Browser

Lihat gambar di bawah ini, ingin punya yang seperti ini juga. Anda bisa pasang banner ini di blog Anda atau posting Anda. Bisa deteksi IP Adress, Browser.

Tulis code ini di footer blog kamu atau posting kamu. Copy (CTRL+C) Paste (CTRL+V) at this script.
Coba Deh, Kuueereeen lho ....
 


Creative Commons License
Powered by Blogger | Created and Maintained by Generated
Blogger Beta Template by GeckoandFly and Blogcrowds | Design by Andreas Viklund
This workis licensed under a Creative Commons Attribution-Noncommercial-Share Alike 2.5 Malaysia License.
Best viewed in Firefox 1.5+ at 1024x768 or higher resolution
Copyright 2007 Content by BIZON network
Hosting Reseller Reviews cydots.com - Free Domains!