Searching

Belum menemukan yang Anda cari, mungkin kata kunci Anda kurang tepat atau masih salah. Coba masukkan lagi kata kunci Anda yang baru pada fasilitas searching di Blog ini untuk lebih lengkap, search in database this blog :

Perhatian

Untuk tampilan gambar yang lebih jelas, Anda dapat klik langsung pada gambar yang ada. Selamat menjelajah !
More Read :

Tuesday, May 1, 2007

MMS (Multimedia Messaging Service)

Teknologi MMS dimunculkan pertama kali di Eropa sekitar tahun 2002, oleh suatu badan yang disebut dengan 3G Partnership Project (3GPP) yang bertanggung jawab dalam hal spesifikasi dan pengembangan dari MMS sedangkan teknis realisasinya dilakukan oleh Open Mobile Alliance (OMA) yang sebelumnya dikenal sebagai WAP Forum.

MMS menyediakan mekanisme untuk melakukan transmisi konten multimedia dari dan ke telepon genggam. Wireless network memberikan mekanisme yang dibutuhkan untuk menemukan stasiun tujuan dan mengirimkan MMS antara MMSC (Multimedia Messaging Service Center) dengan wireless station

Jaringan MMS


Bentuk jaringan MMS

Elemen dan arsitektur jaringan MMS

MMS Centre: Disinilah pesan MMS yang dikirimkan atau yang akan diterima disimpan. Pada waktu menerima MMS, penerima akan mendapatkan pesan notifikasi dari MMSC menggunakan WAP push (suatu format khusus dari MMS) yang secara otomatis memicu telepon genggam penerima untuk mengambil pesan MMS dari MMSC. Sedangkan untuk pengiriman MMS, pengirim akan mengirimkan pesan MMS secara langsung dari telepon genggamnya ke MMSC, dimana MMS Centre sebenarnya mirip dengan Web Server.

WAP Gateway: Perangkat ini bertindak sebagai penghubung antara MMSC dengan telepon genggam pengguna. WAP ini sebenarnya hampir mirip dengan protokol internet. Sewaktu mengirim pesan MMS, maka telepon genggam akan menggunakan WAP Session Protocol (WSP)/HTTP POST ke MMSC melalui WAP Gateway ini.

SMS Centre: Perangkat SMSC ini digunakan oleh MMSC untuk mengirimkan pesan SMS notifikasi bahwa ada pesan MMS yang dikirimkan kepada si penerima MMS.

MMS-Backward Compatibility

Teknologi MMS juga mempunyai backward compatibility (dimana MMS dapat melewati trafik ke telepon genggam yang belum mendukung MMS, downgrading (menurunkan tingkatan) konten karena keterbatasan pada telepon genggam). Telepon genggam yang belum mendukung MMS akan dibagi menjadi 4, yaitu:

  • SMS Phone – Pengguna telepon genggam jenis ini akan menerima SMS notifikasi dan sebuah URL, dimana konten multimedia dapat dilihat melalui PC.
  • WAP Phone – Pengguna telepon genggam jenis ini akan menerima SMS notifikasi dan sebuah URL, dimana konten multimedia dapat dilihat melalui telepon genggam ini atau PC.
  • WAP-PUSH Phone (Mendukung WAP 1. 2 atau lebih tinggi) – Pengguna telepon genggam jenis ini akan menerima notifikasi WAP-PUSH dan sebuah URL, dimana akan diberi opsi untuk menerima konten multimedia, melalui telepon genggam atau melihat melalui PC.
  • GPRS Phone without MMS client – Pengguna telepon genggam jenis ini dapat menerima MMS dan melihatnya melalui WAP browser, tetapi konten multimedianya akan mengalami penurunan kualitas (tidak ada animasi atau suara). Telepon genggam jenis ini tidak punya kemampuan untuk mengirim pesan MMS.

Struktur MMS ( Multimedia Messaging Service)

Struktur dari MMS sebenarnya seperti file HTML yang disebut dengan SMIL (Synchronized Multimedia Integration Language). SMIL memberikan presentasi multimedia yang berisi elemen-elemen seperti musik, suara, gambar, teks, video, dan juga grafik yang kesemuanya ditampilkan secara bersamaan melalui waktu yang telah ditentukan (tidak dikirimkan sebagai attachment). MMS yang menggunakan SMIL dapat dilihat seperti presentasi “PowerPoint” pada telepon genggam.

Bagaimana MMS yang berbasis SMIL bekerja? MMS akan dikategorikan seperti dibawah ini:

    • Memiliki satu atau lebih slide.
    • Setiap slide akan dianggap sebuah bingkai (frame) yang menyimpan konten. Setiap konten itu sendiri disimpan secara terpisah.
    • Pada awalnya, setiap slide memiliki dua bagian – satu untuk teks dan sisanya untuk gambar. Slide mungkin hanya memiliki gambar atau teks saja.
    • SMIL menetapkan rancangan untuk mengatur waktu dalam menampilkan setiap slide.
    • Konten dari slide harus dibuat dalam bentuk yang sudah ditetapkan.
    • Slide-slide dan file-file yang digunakan sebagai konten slide disimpan (packaged) kedalam satu pesan MMS.

Format konten media yang didukung oleh MMS

Format

Dukungan

Teks

Panjang teks tidak terbatas dan dapat diformat.

Teks juga dapat disertai dengan gambar, grafik, suara, dan juga video.

Grafik

Mendukung grafik, tabel, chart, diagram, dan layout.

Mendukung file GIF animasi.

Suara

Mendukung musik, suara orang (speech).

Mendukung aliran suara (streaming sound).

Gambar

Mengirim gambar dan potret langsung dari kamera yang ada di telepon genggam.

Dapat mengedit gambar dan menambahkan teks.

Video

Dapat mengirim video klip pendek sepanjang 30 detik (dengan menggunakan format 3GP).

Dapat mengirim video klip full (jika layanan jaringan 3G telah tersedia).

No comments:

Disclaimer


Blog ini tidak bertanggung jawab atas kesalahan atas program yang Anda download ataupun sesuatu hal yang berhubungan dengan materi-materi yang ada. Terima kasih atas saran dan kritik yang membangun. Non profit blog. Untuk lebih lanjut hub Webmaster di : agencs@yahoo.com


"All Links In This Blog Is Temporary Link"

NO SPAM AND VIOLATED CONTENT

Generated®


Banner IP Browser

Lihat gambar di bawah ini, ingin punya yang seperti ini juga. Anda bisa pasang banner ini di blog Anda atau posting Anda. Bisa deteksi IP Adress, Browser.

Tulis code ini di footer blog kamu atau posting kamu. Copy (CTRL+C) Paste (CTRL+V) at this script.
Coba Deh, Kuueereeen lho ....
 


Creative Commons License
Powered by Blogger | Created and Maintained by Generated
Blogger Beta Template by GeckoandFly and Blogcrowds | Design by Andreas Viklund
This workis licensed under a Creative Commons Attribution-Noncommercial-Share Alike 2.5 Malaysia License.
Best viewed in Firefox 1.5+ at 1024x768 or higher resolution
Copyright 2007 Content by BIZON network
Hosting Reseller Reviews cydots.com - Free Domains!