Searching

Belum menemukan yang Anda cari, mungkin kata kunci Anda kurang tepat atau masih salah. Coba masukkan lagi kata kunci Anda yang baru pada fasilitas searching di Blog ini untuk lebih lengkap, search in database this blog :

Perhatian

Untuk tampilan gambar yang lebih jelas, Anda dapat klik langsung pada gambar yang ada. Selamat menjelajah !
More Read :

Wednesday, May 23, 2007

Multimeter dan Pasar Loak


Dalam pengujian komponen sebaiknya komponen diuji/diukur sebelum dirangkai/disolder. Kalau kita mengukur komponen saat keadaan terpasang dalam rangkaian, maka nilai komponen yang kita dapat tidak akan sesuai atau malah terimbas dan tercampur dengan nilai dalam rangkaian itu. Pengecualian apabila kita mengukur nilai komponen saat rangkaian bekerja, saat rangkaian bekerja, pengukuran multimeter digunakan untuk melihat apakah adanya nilai keluaran dari komponen dan rangkaian yang ada sudah sesuai dengan teori rangkaian dan bagan blok diagram yang kita pasang.

Pengukuran saat rangkaian bekerja dimaksudkan untuk test poin pada suatu titik pada jalur rangkaian apakah sesuai dengan rangkaian elektronika yang sudah kita design.

Pengukuran komponen sebelum disolder dimaksudkan untuk memilih komponen yang sesuai dengan nilai karakteristiknya dan cara yang tepat untuk menyortir komponen yang berkualitas. Karena di pasaran elektro banyak sekali merk dan jenis komponen yang ditawarkan dengan fungsi dan kegunaan yang sama tetapi dengan kualitas yang kadang berbeda jauh.

Kita tidak melihat darimana asal komponen itu dibuat atau harga komponen itu, karena sebenarnya komponen yang bekas pada barang elektronika bekas bisa kita pakai asalkan nilai dan kualitas komponen itu masih bagus. Maka jangan salah kalau kita datang ke pasar barang bekas atau pasar loak untuk mencari barang elektronik yang rusak, kita masih bisa mendapatkan komponen dengan kualitas yang lebih bagus dengan harga yang lebih terjangkau daripada kita beli di toko elektro. Tetapi kita harus jeli dalam memilih dan sortir komponen itu, karena itu pengujian dan pengukuran multimeter sangat dibutuhkan. Jadi, tidak apa-apa kalau kita ke pasar loak untuk mencari komponen elektro sambil membawa multimeter, he3, saya malah menyarankan Anda untuk membawanya.

Jadi sangat praktis, kalau kita menemukan barang elektronik yang masih bagus dan terdapat komponen elektronika yang kita perlukan, kita tinggal keluarkan multimeter kita untuk mengecek lagi komponen tersebut. Yang kedua, kalau cocok kita tinggal tawar menawar dengan pak penjual,he3.

Biasanya komponen yang ada di pasar loak ada yang dijual di toko elektronik dalam keadaan baru, tetapi ada pula beberapa komponen elektronika yang tidak bisa kita dapatkan di toko elektronika tapi kita bisa dapat di pasar loak.

Banyak para elektronika"holik" yang apabila kesulitan mencari komponen di atas, mereka beralih mencari komponen tersebut ke pasar loak. Apabila komponen tersebut sudah didapatkan maka akan diganti dengan komponen baru tapi "bekas" itu. Biasanya komponennya berasal dari barang elektronik yang sama tapi bekas. Cara itu disebut dengan sistem kanibal.

Hal itu dapat dibenarkan dengan faktor sulitnya mendapatkan komponen yang sesuai asalkan komponen yang kita ambil didapat dari barang elektronika yang sudah tidak kita pakai. Jadi jangan salah, kalau ada barang elektronik rusak, mungkin saja komponen elektronik yang ada di dalamnya masih bisa kita pergunakan asalkan kita bisa memilih dan mengukur mana yang masih bagus dan dapat kita pakai.

Misalnya :

- IC tertentu

- LCD bekas

- Board handphone bekas

- Speaker bekas

- Kapasitor tertentu

- Dll

Oleh karena itu sekali lagi kita harus jeli dalam memilih dan menawar harganya, dan satu lagi andalkan teman kita “multimeter”.

2 comments:

Wisnedi said...

Yang dicari..Barang Bekas Berkualitas.. Bukan B3 yang lain ya boss..

Mekatronika - Sekayu said...

Yang mau bikin Media Pembelajaran Multimeter Ukuran Besar silahkan mampir ke Blog Saya:

http://mekatronikasekayu.blogspot.com/2011/12/membuat-sendiri-media-pembelajaran.html#more

Disclaimer


Blog ini tidak bertanggung jawab atas kesalahan atas program yang Anda download ataupun sesuatu hal yang berhubungan dengan materi-materi yang ada. Terima kasih atas saran dan kritik yang membangun. Non profit blog. Untuk lebih lanjut hub Webmaster di : agencs@yahoo.com


"All Links In This Blog Is Temporary Link"

NO SPAM AND VIOLATED CONTENT

Generated®


Banner IP Browser

Lihat gambar di bawah ini, ingin punya yang seperti ini juga. Anda bisa pasang banner ini di blog Anda atau posting Anda. Bisa deteksi IP Adress, Browser.

Tulis code ini di footer blog kamu atau posting kamu. Copy (CTRL+C) Paste (CTRL+V) at this script.
Coba Deh, Kuueereeen lho ....
 


Creative Commons License
Powered by Blogger | Created and Maintained by Generated
Blogger Beta Template by GeckoandFly and Blogcrowds | Design by Andreas Viklund
This workis licensed under a Creative Commons Attribution-Noncommercial-Share Alike 2.5 Malaysia License.
Best viewed in Firefox 1.5+ at 1024x768 or higher resolution
Copyright 2007 Content by BIZON network
Hosting Reseller Reviews cydots.com - Free Domains!